Ads 468x60px

Jumat, 10 Agustus 2012

Makalah Sejarah perkembangan administrasi




Makalah Sejarah perkembangan administrasi --Sebab Timbulnya Administrasi
Administrasi yang diartikan dalam arti luas yaitu sebagai proses kerjasama manisia untuk mencapai satu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. bertitik tolak pada pengertian kerjasama mnausia untuk mencapai tujuan, pada dasarnya tidak ada kerjasama seseorang dengan dirinya sendiri, melainkan kerjasama akan muncul kalau ada dua orang atau lebih dan didalamnya ada pihak yg menguasai sebagai pemimpin.
Makalah Sejarah perkembangan administrasi
gambar. ilustrasi administrasi
Administrasi telah ada sejak adanya dua orang manusia (adam & hawa) bekerjasama untuk mencapai tujuan hidupnya yang didorong oleh kebutuhan dengan kemampuan yang serba terbatas, sehingga terjadi praktek administrasi secara alami atau pelaksanaan administrasi sebagai seni. Administrasi juga berkembang bersama sama dengan perkembangan peradaban manusia.
Dengan dan melalui analisis sejarah dapat dilacak dan diketahui bahwa padakira-kira tahun 1300 SM, bangsa Mesir telah mengenal Administrasi. Max Webber, seorang sosiolog berkebangsaan Jerman yang terkemuka pada zamannya, meyakini Mesir sebagai satu-satunya Negara yang paling tua yang memiliki administrasi birokratik. Demikian juga di Tiongkok kuno, dapat diketahui tentang konstitusi Chow  yang dipengaruhi oleh ajaran Confucius dalam “Administrasi Pemerintahan”.  Dari Yunani (430 SM) dengan susunan kepengurusan Negara yang demokratis,  Romawi dengan  De Officiis dan De Legibus´nya Marcus Tullius Cicero; dan abad 17 di Prusia, Austria, Jerman, dan Prancis, dengan Kameralis, yang mengembangkan ilmu Administrasi Negara, misalnya system pembukuan dalam hal Administrasi Keuangan Negara, Merkanitilis (sentralisasiekonomi dan politik) dan kaum Fisiokrat yang berpengaruh selama kurun waktu1550-1700-an.


Siagian (1985:12-20) menguraikan perkembangan administrasi sebagai seni yang dibagi atas tiga fase utama yaitu:
1.      Fase Prasejarah.
Bukti bukti sejarah menunjukan dengan jelas bahwa administrasi telah berkembang dengan baik pada fase prasejarah,meskipun pada waktuitumasyarakat purba secara tidak sadar akan menjalankan prinsip prinsipadministrasi sebagaimana dikenal sekarang.

·         Zaman Mesopotamia.
Pada zaman ini telah dijalankan sebagian prinsipadministrasi yg diketahui oleh manusia sekarang terutama bidang pemerintahan, perdagangan, komunikasi, pengangkutan, khususnya pengangkutan sungai.
·          Zaman Babilonia.
Administrasi pemerintahan,perdagangan,perhubungandan pengangkutan telah berkembang pula dengan baik juga telah terbinasuatu sistem administrasi dibidang tekhnologi. 
·         Zaman Mesir Kuno.
Berdasarkan analisis dari peninggalan sejarahmembuktikan bahwa aspek administrasi yang sangat berkembang di mesir kuno adalah dibidang pemerintahan, militer, perpajakan, perhubungan, dan pertanian (termasuk irigasi).
·          Zaman Tiongkok Kuno.
Perkembangan administrasi yg paling menonjoladalah sistem administrasi kepegawaian yg sangat baik.
·         Zaman Romawi Kuno.
Perkembangan administrasi pada saat itu antaralain adalah karya karya filsafat, militer, pajak, perhubungan, yang memangsangat dibutuhkan, oleh bangsa romawi kuno.
·         Zaman Yunani kuno.
Sumbangan yg sangat besar artinya dalamadministrasi pada zaman yunani kuno adalah adanya konsep demokrasiIsi konsep demokrasi itu menyangkut demokrasi rakyat dari suatu polis pada zaman yunani kuno yang hanya berl;aku pada mereka yg memenuhisyarat syarat sebagai berikut1.Pria2.Dewasa (21 tahun)3.Lahir di athena (sebagai Polis terbesar dan penting)4.orang tua warga athena

2.      Fase sejarah (tahun 1 M.sampai dengan 1886).
Perkembangan administrasi pada fase sejarah ini boleh dikatakan jauhlebih maju dari fase prasejarah.hal ni dapat dilihat kemajuan dalam pengurusandan pengelolaan gereja khatolik roma pada saat itu.di eropa timbul gerakangerakan adninistrasi dibidang perekonomian yang di sponsori oleh para sarjana ekonomi di tiga negara yaitu ;

Ø  Kaum kameralisten dijerman dan Austria
Ø  Kaum merkantilisten di Inggris
Ø  Kaum fisiokraten di Perancis

Perkembangan administrasi semakin maju terutama ditandai dengana danya revolusi industri di inggris. Begitupun pada saat Nabi Muhammad SAW dan para khalifah khalifahnya yang sangat terkenal keahliannya dalam sistem pemerintahan dan sistem pemerintahan militer serta tatanan kehidupan masyarakat madani. Selanjutnya pada tahun 1886 timbullah suatu gerakan di amerika serikat yg dipelopori oleh F.W.Taylor yaitu gerakan yang disebut scientific Managenent Movement. gerakan ini sekaligus menandai dua hal yaitu :

ü  Berakhirnya status administrasi sebagai seni semata dan awaldimulainyaadministrasi berdwistatus yaitu administrasi sebagai seni dansebagi ilnu pengetahuan.
ü  Berakhirnya fase sejarah dalam perkembangan administarsi dan tibanya fase modern yg dimulai pada tahun 1886 dan yg masih berlansung terushingga sekarang.

3.      Fase Modern Yang dimulai pada tahun 1886 hingga sekarang.
Perkembangan administrasi dalam fase ini ditandai dengan lahirnya gerakanscientific management movenment di amerika serikat yang di pelopori oleh F.W.Taylor. sarjana ini,lahir pada tahun 1886 yang memulai karirnya sebagisarjana pertambanganyang bekerja di philadephia pada suatu perusahaan Midvalesteel company.dalam melakukan pekerjaan tersebut dia mulai mengadakan penelitian dalam usaha mempertinggi efisiensi perusahaan dan peningkatan poduktivitas para pekerja perusahaan itu.
Di samping itu Taylor sibuk di AS dalam penelitian soal soaladministrasi.hasil penelitiannya dituangkan dalam sebuah buku yang berjudulµGeneral and industrial management  yang terbit pada tahun 1916.
Perlu diketahui bahwa kalu F.W Taylor dalam bukunya banyak menyoroti para pelaksana dari manajer tingkat rendah, sehubungan dengan itu F.W Taylor diberi julukan sebagai µbapak gerakan manajemen ilmiah. 

1 komentar:

Genta Buana mengatakan...

makasih ilmunya

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya

I am a simple student who likes blogging, hopefully this blog's presence brings benefits to all of you.
From the desk of the laptop, I greet you all .. Happy blogging!