Ads 468x60px

Minggu, 08 April 2012

Kualitas Air | Laporan Praktikum

Kualitas suatu ekosistem dapat dilihat dari nilai indeks keragaman jenis, indeks dominasi dan nilai keragaman jenis (kesamaan jenis). Pada suatu ekosistem perairan akan terjadi hubungan antara organisme yang satu dengan intra dan inter spesifiknya.  

Perairan umum adalah bahagian permukaan bumi yang secara permanen atau berkala digenangi oleh air, baik air tawar, payau maupun air laut, mulai dari garis pasang surut terendah kearah daratan dan badan air tersebut terbentuk secara alami atau pun buatan. Yang termasuk kedalam perairan umum adalah sungai, danau, waduk, rawa, goba, genangan air lainnya (telaga, lebak embung, kolong-kolong dan legokan). 
         
Air adalah zat cair yang tidak mempunyai rasa, warna dan bau, yang terdiri dari hidrogen dan oksigen dengan rumus kimiawi H2O. Karena air merupakan suatu larutan yang hampir-hampir bersifat universal, maka zat-zat yang paling alamiah maupun buatan manusia hingga tingkat tertentu terlarut di dalamnya. Dengan demikian, air di dalam mengandung zat-zat terlarut. Zat-zat ini sering disebut pencemar yang terdapat dalam air (Linsley, 1991).

Waduk atau danau buatan adalah genangan air yang terbentuk karena pembendungan aliran sungai bukan alami. Pembendungan ini dapat merubah ekosistem perairan mengalir (lotik) menjadi ekosistem perairan tergenang (lentik) yang akan mempengaruhi kehidupan biota perairan sungai asal (Hadiwigeno, 1990).  
Waduk dapat diartikan sebagai perairan buatan yang mempunyai karakteristik antara perairan sungai dan danau setiap waduk mempunyai morfologi yang unik, oleh karena itu waduk dapat digeneralisasikan antara satu waduk dengan waduk yang lainnya. Beberapa waduk dapat dibangun di dataran tinggi maupun dataran rendah, atau di sepanjang sebuah aliran sungai.
  
Waduk–waduk yang dibangun di dataran tinggi atau hulu sungai akan memiliki bentuk menjari, relatif sempit dan bertebing curam serta dalam, sebaliknya waduk yang dibangun di dataran rendah (Jangkaru, 2000). Atau hilir sungai berbentuk bulat, relatif luas dengan badan air relatif dangkal.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya

I am a simple student who likes blogging, hopefully this blog's presence brings benefits to all of you.
From the desk of the laptop, I greet you all .. Happy blogging!